.

Kajian Ilmiah Mahasiswa STAI Nazhatut Thullab Sampang Prodi Ekonomi Syariah

Jum`at, 12 Juli 2019 13:37:35 - oleh : webmaster

Memanfaatkan revolusi industri 4.0 dalam dunia pemasaran

Salah satu dosen pengampu mata kuliah Manejemen Pemasaran Dr. Moh. Sjaifuddin, MM dalam mengahiri mata perkuliahan kepada mahasiswa semester genap (I,IV dan VII) mengadakan gali potensi mahasiswa dalam memerapkan konsep manajemen marketing. Acara ini di kemas dengan Kajian Ilmiah. Hadir dalam acara ini koordinator kampus K. Zaqlul Fitrian, Lc.MA. Dalam sambutanya beliau sangat mengapresiasi atas acara ini, beliau juga berharap agar acara seperti ini tidak hanya di gagas oleh Dosen Mata Kuliah Manajemen Marketing, tapi Dosen  mata kuliah yang juga bisa melaksanakannya, papar beliau. Hadir juga Dosen  Aprina Levy Wulandari, Lc, ME, beliau sebagai pemantau sekaligus pembimbing dalam acara kajian tersebut. Dalam pantauannya, beliau merasa sangat puas dan senang sekali karana mahasiswa STAI NATA Ketapang sebetulnya berpotensi dalam hal manajemen, lebih-lebih salah satu pemateri mencoba memadukan oreintasi teorinya kepada dua hal, iaitu orientasi nilai-nilai spiritual dan orientasi marketing manejemen modern.

Dalam kajian ini menghadiri dua pemateri dimana pemateri tersebut masih berstatus mahasiwa di kampus itu sendiri. Pemateri pertama, Moh Dakkir meyampaikan materinya dengan cara yang unik dimana cara ini sangat jarang ditemukan di acara-acara kajian. Dia memaparkan materinya berdasarkan hasil dari study/pengamatan yang di lakukan kepada dirinya sendiri dengan kurun waktu kurang lebih selama empat tahun. Teori yang diterapkan adalah dengan menggunakan teori Lingkar Perdangangan dan Teori Perisai Langit. Simpul Perdagangan yang dimaksud adalah teori Pemasaran Moderen, sedangkan Perisai Langit adalah non teori moderen yang oreintasinya kepada nila-nilai Spiritualitas & Religiuitas.

Pemateri yang ke dua, Lailatul Jannah mengupas tuntas tentang manejemen marketing teori modern. Dia yakin jika para pelaku pasar sudah menguasai teknik manejemen pemasaran yang baik, maka pasar/perushaan yang di kelolanya akan mengalami kemajuan.

Beberapa mahasiswa sebagai pesreta acara mengaku sangat bahagia dan merasa dapat ilmu baru. Sperti yang diungkapkan Moh Nadhor" saya sangat bahagia bisa mengikuti acara kajian ini karena banyak pengalaman baru". Begitu juga sahabat Masfur dari semester IV mengatakan " dengan mengikuti acara ini  banyak pengalaman yang di dapat dari acara kajain ini, dan harapan dari kami mewakili mahasiswa yang lain bagaimana acara seperti ini harus ada tindak lanjud minimal setiap akhir semester, yakni dua kali dalam setahun", tutur Masfur. Salah satu peserta perempuan dari semester II Futuhal Arifin juga merasa senang banget dapat ilmu baru juga. Harapannya bisa mengaplikasikan teori itu apalagi buat mahasiswa yg mau merintis bisnis sejak dini. contoh kecilnya saya sendiri, pungkas Futuhal Arifin.

Acara ini seperti biasa diakhiri dengan sesi tanya jawab. salah satu mahasiswa dari semester IV (Hoiruman) menayakan implikasi ilmiahnya dari teori perisai langit, karana dia masih kurang meyakini tentang korelasi implikasi dari teori tersebut, namun pertanyaan itu di jawab oleh pemateri dengan menghadirkan dalil-dalil dari al-Quran dan Hadis. Untuk memantapkan penanya tersebut, maka salah satu dosen Pembingbing juga mmeberikan contoh implikasi dari suatu doa. Secara logika, doa dengan teori perdangamgan sama sekali tidak ada korelasinya, namun jika di tinjau dari kacamata iman, maka korelasi itu sangat jelas.

Berita "Kemahasiswaan" Lainnya

Terakhir Online

Info Browser






 

Lokasi Kampus

google maps fr homepage
-->